Selasa, 28 Februari 2012

Beda SODA KUE dan BAKING POWDER

Mungkin kita sudah sering memasak kue dan roti, tapi belum betul-betul mengenal perbedaan fungsi Baking Soda/Soda Kue dg Baking Powder. Artikel ini mengupas sedikit tentang perbedaan dan peran baking soda dan baking powder dalam pembuatan kue dan roti.

Soda Kue/Baking Soda

Soda Kue
Merupakan komponen baking powder, kandungannya adalah sodium bicarbonat. Sifat bahan ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga kue akan mengembang. Untuk membuat cake, penggunaannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Untuk kue kering, soda kue memberikan efek tekstur kering, garing, dan renyah. Untuk membuat cake, menggunakan baking powder saja sebenarnya sudah cukup.
Merk di pasaran yang umum kita temukan adalah Koepoe-Koepoe, Pesawat Angkasa dan  Arm & Hammer. Ada lagi fungsi lain dari baking soda ini, bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada barang-barang alumunium seperti kitchen sink/tempat cuci piring atau untuk mencuci sayuran & buah. Karena kerak yang terbentuk biasanya karena penumpukkan sisa makanan dan bersifat asam maka baking soda akan membersihkannya dengan mudah.


Baking Powder

Baking Powder
Baking powder merupakan bahan pengembang (leavening agent), yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat zat ini jika bertemu dengan cairan/air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida. Karbondioksida inilah yang membuat adonan jadi mengembang. Untuk efek maksimal, gunakan double acting baking powder. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar